jangle-tacks
Pages Navigation Menu

Tips Kecantikan, Kesehatan & Rumah Idaman Bagi Bunda Sekeluarga

Manfaat Sirsak

Tips Kecantikan
Manfaat Sirsak

Jangan sekali-kali meremehkan buah sirsak, meski selama ini hanya dikonsumsi dalam bentuk jus, tapi manfaat sirsak sangat luar biasa bagi kesehatan,  salah satunya mengatasi kanker.

Dari penelitian para ilmuwan, sirsak sangat bagus untuk menjaga serta mengatasi gangguan kesehatan.  Seperti gangguan jantung, liver, asma, arthritis dan yang paling mencengangkan sirsak bisa mengatasi berbagai jenis kanker.

Antikanker

Bagian tanaman sirsak, termasuk daun dan buah, mengandung senyawa yang cukup bernilai, seperti fruktosa, lemak, protein, kalsium, phosfor, zat besi, vitamin A, dan vitamin B.

Metabolis sekunder yang terkandung di dalamnya adalah senyawa golongan tanin, fitosterol dan alkaloida.

Sebuah senyawa yang menarik perhatian peneliti adalah asetogenin. Ini adalah senyawa yang spesifik terkandung dalam tanaman suku Annonaceae, yang khasiatnya berkaitan erat dengan aktivitas anti tumor, anti bakteri dan insektisida.

Dari penelitian, asetogenin yang terkandung di dalam sirsak bisa dipakai untuk menghantam sel kanker usus, pankreas, ovarium, usus besar, payudara, liver, serviks.

Mengatasi diabetes

Salah satu manfaat sirsak yang menarik perhatian para peneliti adalah untuk mengendalikan kenaikan kadar gula darah alias diabetes.  Jenis penelitian untuk membuktikan khasiat sirsak sebagai anti diabetes ini cukup bervariasi sehingga mekanisme kerjanya secara perlahan mulai dapat diungkapkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mekanisme kerja anti diabetes ekstrak daun sirsak membuktikan bahwa pemakaian ekstrak daun dapat memperbaiki fungsi kelenjar sebagai penghasil insulin yang diperlukan penderita diabetes.

Pengolahan dan Pemakaian

Cara sederhana untuk mengonsumsi buah sirsak adalah dengan menghaluskan buah yang sudah dikupas, buang bijinya dan saring dengan penambahan air sedikit demi sedikit. Hasil penyaringan selanjutnya dapat langsung dikonsumsi dengan sedikit penambahan madu untuk mengatasi rasa asam.

Penambahan gula dan madu tidak disarankan pada pasien diabetes, karenanya harus berupaya untuk menyukai rasa asli buah sirsak. Bagi orang yang mengalami gangguan lambung, disarankan untuk mengisi perut terlebih dahulu untuk mencegah serangan penyakit.

Wanita hamil dan menyusui tidak disarankan mengonsumsi rebusan daun sirsak, tetapi makan buah sirsak secukupnya tetap diperkenankan.

» minum rebusan daun sirsak saat menyusui » amankah rebusan daun sirsak untuk ibu menyusui » daun sirsak untuk ibu menyusui

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Gimana komentar bunda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>