jangle-tacks
Pages Navigation Menu

Tips Kecantikan, Kesehatan & Rumah Idaman Bagi Bunda Sekeluarga

Liburan Murah Dan Bermanfaat

Tips Kecantikan
Liburan Murah Dan Bermanfaat

Liburan yang panjang terkadang membuat kita para orang tua bingung mau mengisinya dengan kegiatan apa, apalagi bila kondisi keuangan kita tidak mendukung.

Buat yang tinggal di Jakarta, sebetulnya ada tempat yang murah bahkan ada yang gratis namun bermanfaat, yang bisa menjadi alternatif  pilihan untuk mengisi liburan, yaitu Museum. Berkunjung ke museum, bisa menambah pengetahuan kita terutama putra putri kita. Sayangnya hampir seluruh lapisan masyarakat kurang mengerti arti pentingnya keberadaan museum.

Di Jakarta ini ada banyak sekali museum yang merupakan tempat peninggalan obyek-obyek sejarah peninggalan lama dan sumber ilmu pengetahuan. Semua tersebar di Kawasan Kota Tua Jakarta, Jakarta Barat, Jakarta Pusat sekitar Monumen Nasional dan Taman Mini Indonesia Indah, tidak sedikit juga museum lain di Jakarta yang patut dikunjungi. Kita lihat satu per satu yuk!

Kawasan Kota Tua Jakarta Utara

Kota Tua Jakarta, dikenal juga dengan sebutan Batavia Lama, dijuluki Permata Asia dan Ratu dari Timur pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa. Ada beberapa museum di Kawasan Kota Tua ini, antara lain:

 

1. Museum Bahari

Museum ini berlokasi di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa, menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia. Museum dibuka setiap hari Selasa – Minggu jam 09.00-15.00 WIB,  kecuali hari-hari libur Nasional.

2. Museum Bank Indonesia

Museum ini terletak di Jl. Pintu Besar Utara No. 3, menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953 dan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia. Museum dibuka setiap hari kecuali hari Senin dan hari-hari libur nasional dan tidak dipungut biaya lho alias gratis!

3. Museum Bank Mandiri

Museum ini terletak di Jl. Lapangan Stasiun No.1 Jakarta Barat, mengoleksi berbagai macam koleksi terkait dengan aktivitas perbankan tempo dulu, mulai dari perlengkapan operasional bank tempo dulu yang unik seperti peti uang, mesin hitung mekanik dan lain-lain.

4. Museum Fatahillah

Museum ini dikenal juga sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Terletak di Jl. Taman Fatahillah No.2 Jakarta Barat, museum ini menyimpan perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, selain itu ada juga koleksi tentang kebudayaan Betawi.

5. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum ini terletak di Jl. Pos Kota No 2 Jakarta, tepatnya di seberang Museum Sejarah Jakarta, mengoleksi berbagai seni hasil karya seniman-seniman Indonesia mulai 1800an hingga sekarang, disini tersimpan juga keramik lokal dari berbagai daerah di tanah air juga dari berbagai negara di dunia.

6. Museum Wayang

Museum ini berlokasi di Jl. Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat. Museum ini mengoleksi lebih dari 4000 buah wayang yang terdiri dari wayang golek, wayang kulit, wayang kardus dan lain-lain.

Kawasan Jakarta Utara dan Kep. Seribu

Ada 2 museum di kawasan ini, antara lain Museum Laut Ancol dan Museum Pulau Onrust. Museum Onrust terletak di Pulau Onrust, Kecamatan Kep. Seribu Selatan.

Kawasan Jakarta Selatan

Ada beberapa Museum di kawasan ini antara lain :

1. Museum Satria Mandala

Museum ini terletak di Jl. Gatot Subroto, Jakarta. Museum ini merupakan museum yang berisi sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Berbagai koleksi peralatan perang di Indonesia, dari masa lampau sampai modern seperti koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam bahkan helikopter dan pesawat terbang ada disini. Dalam kompleks Museum TNI Satriamandala ini ada juga Museum Waspada Purbawisesa yang menampilkan diorama ketika TNI bersama-sama dengan rakyat menumpas gerombolan separatis DI/TII pada tahun 1960-an.

2. Museum Layang-Layang

Museum ini ada di Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta. Museum ini berisi semua yang berkaitan dengan layang-layang.

3. Museum Polri

Museum Polri menampilkan ribuan foto dan berbagai benda bersejarah yang disajikan secara apik dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia interaktif. Di lantai dua ada Kids Museum dengan fasilitas game dan quiz untuk anak.

Selain museum diatas masih ada lagi museum lain seperti Museum Manggala Wanabakti, Museum Reksa Artha juga Museum Harry Darsono.

Kawasan Jakarta Timur

Di Jakarta Timur ada Monumen Pancasila Sakti. Monumen ini terletak di daerah Lubang Buaya, dan dibangun untuk megingat perjuangan 6 pahlawan Revolusi yang gugur pada peristiwa G30S/PKI, yaitu Panglima AD Letjen TNI A. Yani, Mayjen TNI R. Suprapto, Mayjen TNI MT. Haryono, Mayjen TNI S. Parman, Brigjen TNI DI Panjaitan dan Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo.

Kawasan Taman Mini Indonesia Indah

Tidak sedikit juga museum yang ada di kawasan ini, antara lain :

1. Museum Indonesia

Museum ini mengoleksi beraneka seni, kerajinan, pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

2. Museum Asmat

Sesuai namanya, museum ini berisi segala yang berhubungan dengan Asmat. Gedungnya pun dibuat menyerupai rumah Kariwari, yaitu rumah pemujaan suku Tobati-Enggros, penduduk asli di tepi Danau Sentani, Papua, namun dikembangkan menjadi banguan modern.

3. Museum Listrik & Energi Baru

Museum ini adalah museum sains yang menyajikan koleksi peragaan tentang energi dan listrik. Disini pengunjung diajak berinteraksi dengan memainkan benda-benda peraga agar lebih memahami gejala yang berasal dari energi dan listrik antara lain Simulasi Konsumsi Listrik di Rumah Tangga dimana pengunjung diajak membaca data berapa watt listrik yang digunakan sehari-hari, Konversi Energi Listrik Menjadi Panas yang memperlihatkan bagaimana listrik dapat memanaskan air, Plasma Ball yaitu alat yang dapat menunjukkan bahwa tubuh manusia mengandung energi listrik dan masih banyak lagi permainan lain yang tidak kalah menariknya termasuk komputer Interaktif dan games .

4. Museum Keprajuritan Indonesia

Museum ini berbentuk benteng bersegi lima yang dikelilingi perairan, yang menggambarkan negara kepulauan dengan doktrin Wawasan Nusantara. Museum ini bertujuan untuk melestarikan bukti dan rekaman sejarah perjuangan bangsa pada masa-masa perjuangan sejak abad ketujuh sampai abad kesembilanbelas.

Masih banyak lagi museum yang ada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah yang tidak kalah menarik seperti Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Olahraga, Museum Penerangan, Museum Telekomunikasi, Museum Timor Timur dan Museum Transportasi.

Kawasan Jakarta Pusat

Di kawasan ini ada beberapa museum, antara lain :

1. Gedung Joang ’45

Gedung Joang ’45 atau Museum Joang ’45 terletak di Jl. Menteng Raya 31, Kebon Sirih, Jakarta. Di Museum ini dapat dilihat jejak perjuangan jejak perjuangan RI dan koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia. Ada mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama, mobil peristiwa pemboman Cikini dan juga ada foto-foto dokumentasi dan lukisan tentang perjuangan RI pada tahun 1945-1950an.

2. Planetarium dan Observatorium Jakarta

Planetarium yang letaknya di Taman Ismail Marzuki Jakarta ini merupakan sarana wisata pendidikan yang menyajikan pertunjukan / peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit. Disini juga tersedia ruang pameran benda-benda angkasa dan berbagai foto serta keterangan lengkap dari berbagai bentuk galaksi, teori-teori pembentukan galaksi disertai pengenalan tokoh-tokoh di balik munculnya teori.

3. Museum Gajah

Museum Nasional ini dikenal sebagai Museum Gajah sejak dihadiahkannya patung gajah perunggu oleh Raja Chulalongkorn dari Thailand pada 1871. Tetapi pada 28 Mei 1979, namanya resmi menjadi Museum Nasional. Museum yang terletak di Jl. Merdeka Barat 12 ini mengoleksi berbagai macam benda-benda kuno dari seluruh nusantara seprti arca kuno, prasasti dan benda-benda kuno lain yang dikategorikan ke dalam etnografi, perunggu , prasejarah, keramik, tekstil dan benda berharga.

4. Museum Sumpah Pemuda

Semula gedung yang berada di Jl. Kramat Raya No 106 ini adalah tempat dibacakannya Sumpah Pemuda. Sesuai dengan namanya, museum ini berisi koleksi yang berhubungan dengan peristiwa Sumpah Pemuda. Berbagai koleksinya antara lain : foto kegiatan organisasi pemuda, bendera organisasi, biola WR. Supratman, jaket angkatan 1966 dan lain-lain termasuk buletin KAPPI.

5. Monumen Nasional

Monumen Nasioanal atau Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Monumen ini terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Didalam Monumen Nasional tepatnya di bagian dasar monumen terdapat Museum Sejarah Nasional yang didalamnya berisi 51 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah sampai masa Orde Baru. Pada bagian dalam cawan monumen juga terdapat Ruang Kemerdekaan yang berbentuk amphitheater yang menyimpan simbol kenegaraan dan kemerdekaan Republik Indonesia. Diantaranya naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca di dalam gerbang berlapis emas, lambang negara Indonesia, peta kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia berlapis emas, dan bendera merah putih, dan dinding yang bertulis naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain museum-museum tersebut, masih banyak lagi museum yang ada di kawasan Jakarta Pusat ini, seperti Museum Adam Malik, Museum Pers Antara, Museum Tekstil dan lain-lain.

Nah, sudah terbayang bukan betapa Indonesia khususnya Jakarta ini mempunyai tempat-tempat yang banyak menyimpan sejarah bangsa? Dan yang pasti, kita menjadi lebih bangga dan cinta sebagai bangsa Indonesia. Selamat berlibur..

» macam macam hiburan yang murah dan bermafaat untuk anak » Monumen nasional tugu proklamasi dan monumen pancasila sakti terdapat di kota » museum yg terdapat dalam kompleks tua kecuali

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Gimana komentar bunda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>